top of page

SCREEN PROJECTOR KHUSUS HOME CINEMA

Screen Projector merupakan layar khusus yang digunakan untuk memproyeksikan gambar dari projector. Screen projector terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1. Manual Screen

2. Tripod Screen

3. Motorized Screen

4. Fixed Frame Screen

5. Business Table Screen

6. Portable Floor-Up Screen

7. Fast-Fold Screen




Jenis-jenis Screen Projector

Jenis screen yang memang didesain untuk ruang cinema adalah jenis Fixed Frame Screen. Fixed Frame Screen memiliki desain bingkai yang terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi dengan berbagai finishing pilihan (tergantung pabrik). Finishing bingkai yang umumnya dipakai adalah kain hitam jenis beludru.


Bahan screen/ layarnya sendiri merupakan material kain yang dipabrikasi melalui proses yang cukup panjang dan menggunakan bahan kimia. Bahan layar yang paling umum adalah matte white, yaitu layar putih bersih dan permukaannya tidak licin namun dapat dibersihkan dengan cairan yang direkomendasikan. Bahan layar lainnya adalah Soft Grey, yaitu layar abu-abu muda dengan tingkat fleksibilitas tinggi dan sangat halus permukaannya. Bahan ini sangat direkomendasikan oleh pabrik untuk menghasilkan hasil proyeksi gambar yang lebih tajam dan nyata.


Matte White VS Soft Grey

Bahan matte white apabila dibandingkan dengan soft grey :


1. Permukaan Matte white lebih kasar dibanding soft grey, sehingga kerapatan material soft grey jelas lebih tinggi dibandingkan matte white. Kerapatan yang tinggi ini menghasilkan proyeksi yang lebih tajam.


2. Warna putih dibandingkan dengan abu-abu muda. Menonton film di sebuah ruang cinema yang paling dibutuhkan adalah penikmat/ audience dapat merasakan dengan nyata film yang diputarkan, seakan-akan mereka menyaksikan secara langsung di tempat kejadian. Oleh sebab itu, ruang cinema diatur untuk segelap mungkin - lampu dipadamkan, ruangan tertutup rapat tanpa celah; untuk mendapatkan hasil proyeksi gambar yang lebih nyata. Apabila Anda teliti, projector khusus home cinema memiliki tingkat keterangan cahaya / Brightness yang lebih rendah dari projector normal untuk presentasi, namun memiliki contrast ratio yang sangat tinggi. Maka screen abu-abu sangatlah mendukung upaya yang dihasilkan oleh projector dan room setting yang sengaja didesain sedemikian rupa.


3. Harga Matte White lebih murah dibandingkan soft grey. Kenyataannya memang harga soft grey lebih tinggi dibanding Matte White atapun Silver 3D.


4. Fleksibilitas matte white lebih rendah dibandingkan soft grey. Kerapatan bahan soft grey membuatnya lebih elastis dibandingkan dengan matte white. Namun jangan salah paham bahwa bahan matte white screen manual/motorized/tripod sama dengan bahan matte white Fixed Frame Screen. Jelas bahan Matte White Fixed Frame Screen lebih elastis dibanding bahan screen jenis lain.


FIXED FRAME SCREEN adalah jenis screen yang didesain chooses untuk ruang cinema
HOME CINEMA SCREEN PROJECTOR











876 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page